. Terapi Anak AutisAMG clinic -->

Terapi Anak Autis

Terapi Anak Autis hubungi AMG Clinic 0851 0140 3939

Kita sebagai orang tua harus mengetahui dan memahami apa itu autisme, sehingga kita bisa menghadapi dan mengatasinya sedini mungkin. Autisme adalah gangguan perkembangan pada anak dengan beberapa ciri atau gejala utama yang ditimbulkan, yaitu gangguan pada interaksi sosial, gangguan komunikasi, dan pola tingkah laku pada anak yang repetitive dan stereotip. Gejala autisme ini sangat membervariasi dan kebanyakan kasusnya muncul sebelum usia anak 3 tahun. Gejala autism juga mempunyai intensitas yang berbeda – beda, dari sangat ringan hingga berat. Maka dari itu autisme sering juga disebut  autistic spectrum disorder atau disingkat ASD.

Dewasa ini, sudah banyak cara bagi orang tua untuk mendeteksi apakah anak anda menderita autis atau tidak, misalnya seperti quisioner yang bernama M-CHAT atau modified checklist for autism in toddlers untuk mendeteksi autisme pada anak anda umur sekitar 16 – 30 bulan. Bila jawaban “tidak” untuk tiga atau lebih pertanyaan atau dua atau lebih pertanyaan yang kritis dari quisioner checklist tersebut, maka sebaiknya disarankan anda untuk berkonsultasi ke tempat terapi bagi anak berkebutuhan khusus seperti autisme dan melakukan terapi anak autis untuk anak anda. Autisme dapat terjadi pada siapapun, tanpa membedakan ras, golongan maupun status ekonomi maupun tingkat pendidikan pada seseorang.

Anak autis masih punya kemungkinan untuk “sembuh” namun tergantung juga dari tingkat rendah atau beratnya autis pada anak, kecepatan orang tua untuk segera memeriksakan anaknya jika menemukan gejala – gejala autism dan mendapatkan penanganan terapi anak autis yang tepat. Banyak kasus yang menemukan bahwa anak – anak pengidap autis yang berhasil “disembuhkan” dengan penanganan yang tepat dan dapat hidup dengan normal dan juga berprestasi.

Respon yang tepat dan cepat dari orang tua dapat membantu anak untuk “keluar” dari gangguan perkembangan yang anak anda alami. Deteksi sejak dini gangguan pada anak sehingga anak bisa segera mendapatkan terapi. Terapi anak autis yang disediakan tempat – tempat terpai di Indonesia terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup pada individu untuk kedepannya.