AMG clinic, Klinik Anak Berkebutuhan Khusus dan Kesulitan Belajar. Ditangani Terapis berpengalaman lebih dari 15 tahun. Untuk Observasi / Konsultasi segera Hubungi Kami untuk Appointment, info lengkap klik disini

Klinik Tumbuh Kembang Anak di Jakarta Pusat


Klinik Tumbuh Kembang Anak di Jakarta Pusat AMG Clinic hubungi 0851 0140 3939

Setiap anak itu unik dan berbeda, hal ini juga menyangkut perkembangan dan juga kemampuan si anak dalam berbahasa. Seorang anak dapat dikatakan memiliki keterlambatan berbahasa bila perkembangannya memiliki urutan yang sesuai namun tingkat kemampuannya sedikit terlambat dibandingkan dengan anak – anak seusianya. Keterlambatan bicara dan berbahasa adalah salah satu gangguan tumbuh kembang yang paling umum di alami oleh anak. keterlambatan ini menggambarkan adanya ketidaksesuaian dengan perkembangan pada anak – anak normal dan mempengaruhi sekitar 10% anak – anak dalam masa prasekolah.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab speech delay (keterlambatan bicara), antara lain :

•    Mengalami hambatan pendengaran
Jika anak mengalami kesulitan dalam pendengaran, maka secara otomatis anak akan kesulitan untuk meniru, memahami, dan menggunakan bahasa. Masalah pendengaran pada anak biasanya disebabkan karena adanya infeksi telinga.

•    Hambatan perkembangan otak
Adanya gangguan di daerah oral – motor di otak mengakibatkan ketidakefisienan hubungan di daerah otak yang berperan untuk menghasilkan bicara. Sehingga kondisiini dapat menyebabkan anak akan kesulitan untuk menggerakkan lidah, bibir dan rahang untuk menghasilkan bunyi.

•    Adanya masalah keturunan
Keterlambantan bicara juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan, meski belum ada penelitian yang yang bisa membuktikan kebenarannya, tapi pada umumnya anak yang mengalami keterlambatanbicara memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami hal yang sama pada anak.

•    Minimnya komunikasi
Interaksi dan komunikasi dengan orang tua bisa menstimulasi anak untuk memperbanyak kosa katanya. Sayangnya beberapa orang tua tidak menyadari kalau cara berkomunikasi mereka dengan anak dapat mempengaruhi perkembangan anak.

•    Faktor televisi
Anak yang sering sekali menonton televisi biasanya hanya akan menjadi pendengar yang pasif, karena anak hanya menerima tanpa harus mengolah informasi yang dia terima. Menonton juga dapat membuat aak menjadi traumatis, karena dewasa ini acara – acara televisi sudah sangat jarang yang cocok untuk anak – anak, acara televisi sekarang biasanya berisi tentang kekerasan, perkelahian dan seksual.
Jika anda sebagai orang tua telah mengetahui gejala keterlambatan segera konsultasikan kepada ahlinya seperti kterapis di AMG Clinic, klinik tumbuh kembang anak di Jakarta pusat. Agar anak anda dapat secepatnya mendapatkan penanganan.

Jika ada informasi yang kurang jelas silahkan menghubungi Cs kami. Terima Kasih

AMG clinic