. Biaya Terapi AutisAMG clinic -->

Biaya Terapi Autis


Biaya Terapi Autis hubungi AMG Clinic hubungi 0851 0140 3939

Applied behavior analysis atau yang biasa disingkat ABA adalah metode terapi yang lazim dan sering digunakan oleh para terapis untuk menangani anak – anak pengidap autis. Metode ini ditemukan oleh seorang psikolog asal Amerika yang bernama O Ivar  Lovaas PhD, sehingga metode terapi ini sering disebut sebagai metode ABA Lovaas. Tujuan dari metode ABA Lovass adalah untuk mengubah perilaku pada anak pengidap autis. Perilaku yang ditargetkan untuk dirubah selalu dipilih dan dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang. Perilaku ini juga disesuaikan dengan perilaku yang ada di masyarakat.

Teknik pelaksanaan terapi dengan metode ABA menggunakan pendekatan yang bersifat individual. Biasanya satu anak akan ditangani oleh satu terapis, bahkan jika diperlukan maka akan didampingi oleh tenaga prompting yang akan membantu anak untuk mengarahkan perilaku yang sedang diinstruksikan oleh terapis. Dalam pengajarannya, metode ABA memberikan prinsip yaitu operant conditioning dan respondent conditioning. Perilaku yang diinginkan maupun tidak diinginkan bisa dikontrol tau diberikan sistem reward maupun hukuman.

Jika perintah yang diberikan oleh terapis dilakukan dengan baik oleh anak, maka terapis bisa memberikan sesuatu sebagai reward. Namun jika anak tidak mau melakukan sesuai perintah maka akan diberi hukuman. Pemberian reward maupun hukuman ini bermaksud untuk membuat pengaruh pada frekuensi munculnya prilaku yang diinginkan maupun tidak diinginkan.

Pogram – program yang biasa diberikan oleh terapis dari klinik – klinik terapi yang menggunakan metode ABA adalah kepatuhan, seperti kontak mata dan duduk saat belajar, bahasa reseptif, bahasa ekspresif, preakademik, dan bantu diri. Program – program tersebut biasanya ditentukan dengan bagaimana kondisi anak, untuk itu biasanya sebelum anak diberikan terapi, biasanya terapis mengobservasi anak terlebih dahulu untuk mengetahui program apa yang cocok untuk anak tersebut, karena setiap pengidap autis itu memiliki ciri – ciri yang berbeda. Klinik – klinik terapi seperti AMG Clinic juga memberikan biaya terapi autis yang berbeda sesuai dengan tingkatannya namun masih terjangkau.

Dalam metode ABA disarankan untuk memberikan terapi selama 40jam per minggu. Tingkat keberhasilan terapi ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu berat atau ringannya tingkat autism, usia anak saat pertama kali ditangani, intensitas terapi, metode terapi, IQ anak, kemampuan berbahasa, masalah perilaku, dan peran orang tua serta lingkungan.
logo
Klik di bawah ini untuk langsung terhubung dengan kami.
  • Telepon
  • WhatsApp
  • Related Posts

    Buka Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel