. Terlambat BicaraAMG clinic -->

Terlambat Bicara

Terlambat Bicara

Salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak adalah terlambat bicara. Terlambat bicara semakin hari tampak semakin meningkat pesat. Pada anak sekolah beberapa laporan menyebutkan angka kejadian gangguan bicara dan bahasa berkisar 5 sampai dengan 10%. Sangat luas dan banyak penyebab gangguan bicara dan bahasa, ada beberapa resiko yang harus diwaspadai untuk lebih mudah terjadi gangguan ini.

Deteksi dini gangguan bicara dan bahasa ini harus dilakukan oleh semua individu yang terlibat dalam penanganan anak ini, mulai dari orang tua, keluarga, dokter kandungan yang merawat sejak kehamilan dan dokter anak yang merawat anak tersebut.Semakin dini kita mendeteksi kelainan atau gangguan tersebut maka semakin baik pemulihan gangguan tersebut. Semakin cepat diketahui penyebab gangguan bicara dan bahasa pada anak make semakin cepat pula kita lakukan stimulasi dan intervensi pada anak tersebut.

Dengan stimulasi lebih dini diharapkan kemampuan bicara dan bahasa pada anak lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan kualitas komunikasinya. Pada anak normal yang tanpa gangguan bicara dan bahasa juga perlu dilakukan stimulasi kemampuan bicara dan bahasa sejak lahir, bahkan bisa juga dilakukan stimulasi sejak dalam kandungan.

Penanganan terlambat bicara dilakukan pendekatan medis sesuai dengan penyebab kelainan tersebut. Biasanya hal ini memerlukan penanganan multi disiplin ilmu di bidang kesehatan, di anataranya dokter anak dengan minat tumbuh kembang anak, Rehabilitasi Medik, Neurologi anak, Alergi anak, atau klinisi atau praktisi lainnya yang berkaitan dalam hal ini adalah Terapi Wicara.

logo
Klik di bawah ini untuk langsung terhubung dengan kami.
  • Telepon
  • WhatsApp
  • Related Posts

    Buka Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel